FTBI 2023: Juara 3 Cerkak Putra

SMP Islam Terpadu Kholiliyah berpartisipasi dalam Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tingkat Kabupaten Jepara tahun 2023 yang digelar pada Kamis, 2 November di SMP Negeri 3 Jepara. 

Event yang menonjolkan budaya dan Bahasa Jawa ini telah memperlihatkan kegemilangan bahasa dan kesusasteraan Jawa melalui sejumlah cabang lomba yang mencakup Mendongeng, Pidato, Menulis dan Membaca Aksara, serta Menulis Cekak Bahasa Jawa. 

Anggota kontingen SMP Islam Terpadu Kholiliyah sebagai berikut 
1. Lomba Mendongeng: Muhammad Ikrar Nusa Bhakti dan Atina Salsabila Ma'iyah
2. Lomba Menulis Cerkak: Maulana Januar Tegar Prakasa dan Andyta Nor Imama Awalun Nisa'
3. Lomba Menulis Membaca Jawa: Muhammad Asnal Wildan dan Dwi Marsya Hidayatul Afifah
4. Lomba Pidato: Nuur 'Azizatun Nisaa' Al Khoiriyyah

FTBI 2023 menjadi inspirasi bagi para pelajar untuk tidak hanya menjaga, tetapi juga mempromosikan Bahasa Jawa sebagai bagian berharga dari warisan budaya bangsa.

Melalui lomba-lomba tersebut, siswa-siswi ini telah membuktikan bahwa Bahasa Jawa adalah lebih dari sekadar bahasa, ia adalah cinta dan dedikasi terhadap budaya lokal yang kaya serta alat penting untuk menyampaikan pesan-pesan berharga. 

Selamat kepada kontingen SMP Islam Terpadu Kholiliyah atas penampilan terbaiknya. Terimakasih atas usaha dan dedikasi seluruh peserta dan pendamping. Di tahun ini alhamdulillah mampu meraih juara 3 cabang lomba cerkak putra atas nama Maulana Januar Tegar Prakasa. 

Semoga di tahun mendatang lebih baik lagi. Semangat.