PILKASI, EDUKASI DAN PRAKTIK DEMOKRASI (Tahap 1: Pendaftaran Bakal Calon Ketua Organisasi)

Di akhir bulan Oktober 2023 kemarin, pihak Waka Kesiswaan yang dalam hal ini dijabat oleh Bapak Ahmad Rokhid dan Ibu Karlina Setiyanti mengumumkan bahwa periode organisasi tahun lalu akan segera berakhir dan melakukan reorganisasi. 

Sehingga beliau mengintruksikan akan ada pemilihan ketua organisasi OSIS, Pramuka, dan IPNU-IPPNU untuk periode mendatang yang disebut dengan PILKASI (Pemilihan Ketua Organisasi).

Panitia pemilihan kemudian mulai bekerja dengan membuat poster yang kemudian ditempel di papan pengumuman sehingga semua peserta didik bisa melihat ketentuan dan panduan untuk menjadi ketua organisasi.

Di dalam poster disebutkan bahwa peserta didik yang boleh mendaftar sebagai bakal calon ketua merupakan peserta didik yang berasal dari kelas VIII. 

Info ini pun disambut baik oleh peserta didik yang dibuktikan dengan mereka mendaftar dan mengisi formulir sebagai bakal calon organisasi. Mereka mendaftar secara mandiri dan didasari oleh keinginan diri sendiri. Fenomena ini tentu sangat menggembirakan karena ini bagian dari praktik demokrasi yang sehat.