TALKSHOW "KIPRAH SANTRI UNTUK NEGERI" BERSAMA GUS MEKKI

SMP Islam Terpadu Kholiliyah menggelar kegiatan P5 Kearifan Lokal yang mengambil tema Jihad Santri, Jayakan Negeri

Salah satu rangkaian kegiatannya adalah talkshow yang menghadirkan narasumber Gus Mekki yang juga menjabat pengurus PAC IPNU Pakis Aji dan PC IPNU Jepara. 

Dalam muqoddimahnya, Gus Mekki menjelaskan definisi santri. Secara sederhana, santri merupakan orang yang belajar dengan sungguh-sungguh untuk memperdalam ilmu agama Islam kepada seorang ustad, ulama’ atau kyai.

Kiprah dan peran santri untuk Bangsa Indonesia juga sangat luar biasa. Gus Mekki menyebutkan tokoh-tokoh  besar seperti KH. Hasyim Asy'ari (Pendiri Nahdlatul Ulama'), Gus Dur (Presiden RI ke-4), Mahfud MD (Ketua MK 2008-2013 dan Menkopolhukam 2019-2024), Gus Baha' (Pengasuh Pon Pes Tahfidzul Quran LP3IA), dan Gus Iqdam (Pengasuh Majelsi Sabilu Taubah).

Yang menarik adalah Gus Mekki menerangkan kata SANTRI terdiri dari 5 huruf Arab; sin, nun, ta', ra', dan ya'. Dan masing-masing huruf tersebut memiliki makna tersendiri. 

(sin) Safiqul Khoir = Pelopor Kebaikan
(nun) Nasibul Ulama = Penerus Ulama
(ta') Tarkul Maashi = Meninggalkan Maksiat
(ra') Ridholloh = Mencari Ridho Allah
(ya') Yaqin =  Meyakini atau Mantap atas jalan yang dipilih

Dengan begitu, peserta didik lebih mudah memahami istilah santri. 

Sehari sebelumnya dilaksanakan materi Pengantar Sejarah Peringatan Hari Santri yang disampaikan oleh Bapak M. Ali Romdhon, S.H.I., dan dan kegiatan nonton film perjuangan santri yang dipandu oleh Kakak Ahmad Syafi'in Aslam, S.Th.I