Penilaian Sumatif Akhir Jenjang Praktik Mapel Bahasa Indonesia: Peserta Didik Membuat Surat Pribadi untuk Orang Tua

Dalam rangka penilaian sumatif akhir jenjang praktik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, para peserta didik diminta untuk menunjukkan kemampuan menulis mereka melalui surat pribadi yang ditujukan kepada orang tua. 

Ilustrasinya sebagai berikut; "siswa/siswi kelas IX di SMP Islam Terpadu kholiliyah Bangsri. Sebagai anak kamu sangat rindu dengan orang tua. Karena sudah tiga bulan tidak pulang ke rumah dan bertemu dengan orang tua, rasa rindu dengan rumah jelas terjadi. Rasanya ingin segera jumpa dengan keluarga dan berbagi cerita selama di pondok pesantren".

Melalui surat pribadi ini, peserta didik tidak hanya menghadirkan keterampilan menulis yang mereka miliki, tetapi juga menggambarkan kedalaman rasa kasih dan hubungan emosional dengan orang tua. Bahkan terlihat sebagian peserta didik putri sampai meneteskan air mata ketika merangkai kata demi kata.

Aktivitas ini tidak hanya menjadi ajang penilaian akademik, tetapi juga mengasah kemampuan ekspresi diri dan mengukur tingkat kepedulian serta penghargaan terhadap keluarga.

Pentingnya kegiatan ini tidak dapat diremehkan, karena selain mengukur penguasaan materi Bahasa Indonesia, juga menciptakan kesempatan bagi peserta didik untuk merefleksikan nilai-nilai keluarga dan menghargai peran orang tua dalam kehidupan mereka. 

Diharapkan, melalui kegiatan seperti ini, semangat kesadaran akan pentingnya komunikasi yang baik dan penanaman nilai-nilai keluarga akan terus tumbuh di kalangan generasi muda.